Buku Metodologi Pembelajaran Siswa SD/MI: Kupas Tuntas Matematika disusun sebagai panduan komprehensif bagi pendidik sekolah dasar dalam memahami, mendiagnosis, dan mengatasi berbagai tantangan dalam pembelajaran matematika. Bab awal buku ini membahas diagnosa kesulitan belajar matematika yang sering dialami siswa serta strategi untuk mengenalinya secara tepat. Selanjutnya, pembaca diajak memahami kemampuan pemecahan masalah berdasarkan kerangka PISA dan NCTM, serta pentingnya berpikir kritis dalam membangun fondasi logika dan nalar matematis sejak dini.
Pada bagian selanjutnya, buku ini mengupas berbagai model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan di kelas SD/MI untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar siswa. Mulai dari STAD (Student Teams Achievement Divisions) yang menekankan kerja sama tim, STEM yang mengintegrasikan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika, hingga inkuiri yang mendorong penemuan mandiri. Selain itu, model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dibahas secara mendalam sebagai strategi kontekstual yang mengaitkan konsep matematika dengan kehidupan nyata. Dengan pembahasan yang aplikatif dan disertai contoh pembelajaran, buku ini menjadi referensi penting bagi guru dan calon guru dalam mewujudkan pembelajaran matematika yang bermakna, kritis, dan menyenangkan.













Reviews
There are no reviews yet.