Sale!

Model Problem Based Learning (PBL) Bermuatan Etnomatematika Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar

Original price was: Rp150.000.Current price is: Rp75.000.

Penulis:

Eko Pujianto

Sujarwo

Fery Muhamad Firdaus

ISBN: dalam proses

Sinopsis: Buku ini menawarkan sebuah model pembelajaran yang inovatif, yakni Problem Based Learning (PBL) bermuatan Etnomatematika, yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di tingkat sekolah dasar. Model ini mengintegrasikan konsep-konsep matematika dengan kekayaan budaya lokal, seperti permainan tradisional, motif anyaman, dan struktur tempat bersejarah, untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar matematika secara teoritis, tetapi juga mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari serta nilai-nilai budaya yang ada di sekitar mereka.

Category: Tags: , , ,

Buku ini menawarkan sebuah model pembelajaran yang inovatif, yakni Problem Based Learning (PBL) bermuatan Etnomatematika, yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di tingkat sekolah dasar. Model ini mengintegrasikan konsep-konsep matematika dengan kekayaan budaya lokal, seperti permainan tradisional, motif anyaman, dan struktur tempat bersejarah, untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar matematika secara teoritis, tetapi juga mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari serta nilai-nilai budaya yang ada di sekitar mereka.

Dalam praktiknya, model PBL ini diharapkan dapat mengatasi tantangan yang sering dihadapi dalam pendidikan matematika, seperti kesulitan siswa dalam memahami soal-soal matematika dan kurangnya kebaruan dalam cara berpikir. Selama ini, banyak guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang kurang adaptif terhadap kebutuhan siswa, menyebabkan ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan masalah secara terstruktur dan mendalam. Oleh karena itu, buku ini menekankan pentingnya penerapan model pembelajaran yang tidak hanya efektif dalam menyampaikan materi, tetapi juga dapat mendorong kreativitas dan inovasi dalam berpikir, sehingga siswa dapat berkembang secara maksimal.

Secara keseluruhan, buku ini bertujuan untuk memberikan panduan praktis bagi para pendidik dalam menerapkan model pembelajaran PBL bermuatan Etnomatematika di kelas, yang diharapkan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan memotivasi mereka untuk lebih menghargai budaya lokal. Dengan penerapan model ini, diharapkan siswa akan lebih mudah memahami konsep matematika, sekaligus mengembangkan kemampuan berpikir yang lebih kritis, kreatif, dan aplikatif. Buku ini juga mengajak para pendidik untuk berinovasi dalam metode pengajaran mereka dan terbuka terhadap kritik dan saran demi perbaikan pembelajaran di masa mendatang.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Model Problem Based Learning (PBL) Bermuatan Etnomatematika Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar”

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart